Benarkah DotCom Bakal Tergilas DotApapun?


Pertengahan Juni 2012 lalu, ICANN (Internet Corporation for Internet Names and Number) organisasi yang mengatur dan mengurus nama domain di dunia maya menyetujui dan meluncurkan nama domain baru yang diberi nama gTLD (generic Top Level Domain). gTLD ini maksudnya adalah penggunaan akhiran nama domain sesuai dengan keinginan penggunanya atau dapatlah disebut sebagai dotAnything atau DotApapun. Jadi membebaskan pemesannya untuk memilih akhiran nama domainnya.
Seandainya nama anda Bejo dan ingin menggunakan akhiran untuk website anda menjadi (dot).bejo. Maka anda bisa memesan sesuai dengan yang anda inginkan.
Biaya untuk menggunakan DotApapun ini adalah sebesar 185.000 Dollar dan harus membayar uang muka sebesar 5.000 Dollar pada saat pemesanan serta ada biaya tahunan sebesar 25.000 Dollar. Harga yang mahal tentunya jika dikurs kan dalam nilai Rupiah. Google sebagai raksasa search engine dikabarkan telah memesan sebanyak kurang lebih 100 gTLD ini seperti .book, .wow, .app, .movie dan lainnya.
Sebuah terobosan baru dalam dunia internet yang masih diterka-terka oleh banyak kalangan mengenai akankah kesuksesannya sesukses DotCom yang telah mendunia ataukah sebaliknya gTLD ini akan mampu menggilas DotCom? Masih terlalu dini untuk dapat dikatakan berhasil.
Mengapa masih terlalu dini untuk dikatakan berhasil? Alasannya adalah sudah pasti mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk memesan dan menggunakan nama domain khusus ini. Terkecuali jika dikemudian hari pihak ICANN mau menurunkan biaya tersebut sehingga bisa terjangkau banyak kalangan.
Secara garis besar ICANN merupakan organisasi non-profit. Sesuai dengan fungsinya non-profit semestinya tidak mengeluarkan peraturan dan produk inovatif dengan harga mencekik seperti ini kecuali jika dugaan bahwa harga tersebut hanyalah harga awal bagi raksasa-raksasa dunia maya seperti google atau yahoo memborongnya, baru dikemudian hari akan diturunkan secara bertahap. Namun jika nanti tetap dengan harga yang tinggi tentunya status non-profit yang melekat pada ICANN wajib dipertanyakan!

Singkat kata singkat cerita DotCom ataupun DotNet masih akan tetap exist dan tidak akan tergilas selama gTLD ini masih mahal harganya.

0 komentar:

Posting Komentar