Menambah Pundi - Pundi Uang dari Google AdSense

Setiap orang yang mendengar kata “Google” pasti akan langsung berpikir tentang mesin pencari nomor wahid di internet dan di dunia., selain itu juga pembuat sistem operasi Android, atau mungkin penyedia layanan e-mail (Gmail) berikut bloggernya. Yups! semua benar namun sungguh sayang sekali jika hanya itu yang anda dapatkan. Sebenarnya
yang bisa anda dapatkan dari Google bukan itu saja, tetapi anda juga bisa mendulang dollar atau uang dari Google.
Secara umum, Google punya 2 layanan yang juga menjadi sumber pemasukannya, yakni Google AdSense dan Google AdWords. Bedanya begini, AdWords merupakan layanan kanal iklan yang dijual Google untuk pemilik produk atau layanan. Jadi semisal kamu punya toko baju online dan mau promosi kepada dunia, maka gunakan AdWords–anda harus membayar untuk setiap iklan yang diklik. Sementara AdSense adalah layanan kanal iklan Google yang bisa ditampilkan di situs anda (termasuk blog). Singkatnya, dengan AdWords anda mengeluarkan uang, sementara AdSense kebalikannya, anda yang mendapatkan uang.
Kemudian muncul pertanyaan: bagaimana menggunakan layanan AdSense supaya blog anda bisa mendulang uang?
Sebelum menjawabnya, penuhi dulu persyaratan minimal yang harus dimiliki di situs anda. Syarat minimal situs untuk ikut program AdSense antara lain :
1. Situs harus milik anda sendiri. Google akan meminta anda memasukkan 
    kode verifikasi ke situs untuk membuktikan hal tersebut.
2. Pemilik situs harus sudah berumur 18 tahun ke atas.
3. Situs setidaknya harus sudah aktif minimal selama 6 bulan.
4. Tidak ada konten pornografi, kekerasan, SARA, atau sejenisnya di konten 
    anda.
5. Situs setidaknya harus punya 10 sampai 15 laman untuk bisa disetujui 
   dalam program AdSense.

Kalau kira-kira sudah memenuhi,  cobalah untuk mendaftar layanan AdSense Google untuk situs anda.
Berikut caranya:
  1. Buka situs Google AdSense di www.google.com/adsense. Kalau belum login, masuklah dengan akun Google kamu (Gmail), karena hanya ini yang bisa digunakan untuk berlangganan AdSense.
  2. Berikutnya, Google akan menanyakan informasi umum seputarsitus anda, misalnya nama domain dan bahasa dari konten situs.
  3. Masukkan juga informasi anda sebagai pemilik situs, termasuk alamat yang benar/valid untuk pengiriman cek Google ketika pembayaran nanti.
  4. Sampai di sini, pendaftaran sudah selesai. Sekarang hal yang paling krusial adalah menunggu Google melakukan verifikasi terhadap situs anda. Cek e-mail yang anda daftarkan ke AdSense untuk memastikannya.
  5. Ada beberapa tahap verifikasi yang dilakukan Google. Jika verifikasi pertama berhasil, maka anda bisa langsung mengakses dashboard AdSense anda. Kalau belum, lihat apa masalah yang ditemukan Google.
  6. Setelah langkah di atas, anda diharuskan untuk mulai meletakkan unit iklan di halaman web. Buat sebuah iklan baru dari menu “Iklan Saya”. Sesuaikan ukuran iklan dengan tempat yang tersedia di situs anda.
  7. Nanti, anda akan mendapatkan baris kode AdSense untuk ditempatkan di situs. Salin kode tersebut dan masukkan ke tempat kosong di bagian situs anda atau tempat yang disediakan untuk iklan.
  8. Salah satu tanda bahwa Google sudah menyetujui semua permohonan anda adalah tampilnya iklan-iklan Google di situs anda.
  9. Mulai saat ini, rajinlah memperkaya konten anda dan jangan lupa pantau seberapa banyak pundi uang anda bertambah.

Pada umumnya cara di atas hampir sama dengan pendaftaran sebagai pubhliser lokal seperti di Sitti, Kliksaya dan yang lainnya.
Setelah lamaran anda di setujui di Adsense, ada aturan yang haram dilakukan, diantaranya :
1. Mengklik iklan kamu sendiri.
2. Menggunakan cara curang untuk mengklik iklan secara otomatis–baik 
    menggunakan script ataupun sejenisnya.
3. Memberikan perintah kepada pengunjung untuk mengklik suatu iklan.
4. Menempatkan iklan di situs yang menerima kunjungan dari sumber tertentu, 
    misal trafik yang didapat dari
    e-mail spam.
5. Mengubah kode iklan milik Google.

Pelanggaran terhadap poin-poin diatas bisa menyebabkan pembekuan atau penghentian keanggotaan kamu dari layanan AdSense.

0 komentar:

Posting Komentar