Tips Aman Belanja Online

Kemajuan teknologi yang sangat pesat khususnya internet sungguh telah merubah tatanan yang ada selama ini dalam kehidupan manusia. Salah satunya dalam aspek perdagangan, ya sekarang sudah masuk zamannya sistem  belanja online.

Saat ini sudah banyak toko online yang menyediakan koleksi barang yang berkualitas dan harganya juga lebih terjangkau. Hal ini tentu sangat memanjakan Anda yang tidak memiliki
waktu ke pusat perbelanjaan untuk berbelanja, dan juga akan menghemat waktu anda serta menghindarkan anda dari kemacetan seperti di Jakarta.
Segala sesuatu memang memiliki sisi baik dan sisi buruknya, begitu juga dengan berbelanja secara online. Jika Anda melakukan belanja secara online, jangan hanya memperhatikan barang dan harga saja, karena yang tidak kalah penting adalah segi keamanannya.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa Tips dan Trik berbelanja secara online yang aman.


1. Pilih situs belanja online yang bereputasi baik

Berbelanjalah di situs belanja yang memiliki reputasi baik, Anda bisa mengetahuinya dengan menanyakan pada teman atau melihatnya di internet. Baca dan pastikan terdapat kebijakan perlindungan privasi pelanggan. Jika tidak terdapat kebijakan tersebut, data Anda berisiko dijual atau dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Gunakan nama dan password baru

Buatlah alamat e-mail khusus untuk berbelanja online. Jangan gunakan e-mail yang biasa Anda gunakan untuk bekerja, berhubungan dengan teman dan keluarga apalagi jejaring sosial. Hal itu untuk menghindari, kejahatan internet yang menggunakan data pribadi Anda.

3. Gunakan Komputer Pribadi

Usahakan untuk tidak berbelanja menggunakan komputer yang digunakan banyak orang seperti di Warnet. Komputer yang paling baik untuk melakukan belanja online adalah komputer pribadi Anda. Hal itu karena komputer pribadi lebih terjamin perlindungannya dari virus, spyware, dan terdapat proteksi firewall. Jika komputer yang Anda gunakan untuk berbelanja, juga digunakan orang lain, risiko terdapat spy software cukup tinggi. Data pribadi Anda terutama yang terkait keuangan untuk transaksi pembayaran bisa dicuri.

4. Hati-hati saat mengisi data

Situs belanja  online yang bereputasi baik tidak akan mengirimkan e-mail atau tampilan pop up, untuk meminta Anda mengonfirmasi akun yang telah dibuat, dengan login dalam tampilan tersebut. Jika Anda mendapatkan e-mail yang meminta Anda melakukan klik pada link untuk melakukan konfirmasi, tidak masalah.

0 komentar:

Posting Komentar